REUNIFIKASI PPKS ANTO DI DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR
Tanggal: Kamis, 02 April 2020
Topik: Berita


REUNIFIKASI PEMERLU PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (PPKS) ANTO
DI DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR
 

Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) milik Kementerian Sosial yang menangani lanjut usia. Dimana, pada tahun 2019 BRSLU Budhi Dharma Bekasi mempunyai fungsi pelayanan yang berbeda pada tahun sebelumnya yaitu sebagai pelayanan rehabilitasi sosial tingkat lanjut. Adanya perbedaan fungsi pelayanan tersebut, maka perlu dilakukan proses rujukan ke Panti milik Pemerintah ataupun swasta bagi PPKS yang tidak mempunyai keluarga dan proses reunifikasi ke keluarga bagi PPKS yang masih memiliki keluarga.
Dan pada tanggal 13 Februari 2020, telah dilaksanakan proses reunifikasi pada PPKS yang bernama Hasim atau biasa dikenal dengan sebutan Anto di Dinas Sosial Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Sebelum dilakukan reunifikasi terhadap PPKS Anto, terlebih dahulu kami melakukan penelusuran dengan berbekal KTP milik Anto. Dimana, pada akhir tahun 2019 BRSLU Budhi Dharma Bekasi telah melakukan pembuatan KTP yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi bagi seluruh PPKS yang berada di BRSLU Budhi Dharma Bekasi. Dan ketika dilakukan perekaman sidik jari terhadap PPKS Anto, ternyata PPKS sudah pernah melakukan perekaman e-KTP, sehingga data PPKS diketahui oleh pihak BRSLU Budhi Dharma dengan hasil yaitu Nama : Hasim TTL : Bogor, 20 - 08 - 1940 Alamat: Lebak Nangka RT 001 RW 005 Ds. Gununggeulis Kec. Sukaraja Kab. Bogor Prov. Jawa Barat.


Berdasarkan data tersebut, maka pada tanggal 12 Febuari 2020 kami mencoba melakukan penulusuran dengan berkoodinasi secara langsung dengan Ibu R. Etih Haryati, SE selaku Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Kabupaten Bogor agar segera melakukan penelusuran ke alamat tersebut. Penulusuran dilakukan oleh Hilman yang mana sebagai pendamping anak wilayah Desa Sukaraja dan Ibu Siti Aisah selaku pendamping ADK wilayah Kecamatan Sukaraja. Dari hasil penulusuran diperoleh informasi bahwa PPKS benar merupakan warga daerah Lebak Nangka RT 001 RW 005 Desa Gununggeulis Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat seperti yang tertera di KTP PPKS. Dimana, PPKS masih memiliki keluarga yaitu anak – anaknya. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan reunifikasi PPKS ke keluarga. Atas saran dari pihak Dinas Sosial setempat, maka reunifikasi keluarga dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bogor dikarenakan alamat rumah PPKS yang cukup jauh. Dan pada tanggal 13 Februari 2020 tepatnya pukul 14.30, reunifikasi PPKS Anto dilaksanakan dengan dihadiri keluarga PPKS yaitu anaknya yang bernama Wawa dan Pujiyadi, Bapak Hilman perwakilan RT 001, Bapak Hilma sebagai pendamping anak Desa Sukaraja, Ibu Aisah pendamping ADK Desa Sukaraja serta dari pihak Dinas Sosial Kabupaten Bogor. Sebelum dilakukan penyerahan dari pihak BRSLU Budhi Dharma ke keluarga, terlebih dahulu kami melakukan penguatan ke keluarga PPKS dengan tujuan agar kejadian terhadap PPKS tidak terulang kembali di kemudian hari. Kemudian dilanjutkan penyerahan PPKS dari BRSLU Budhi Dharma Bekasi kepada anak dari PPKS, dimana Pujiyadi sebagai anak yang menerima pemulangan dari PPKS.  Keluarga PPKS harus menandatangi berita acara pemulangan PPKS serta surat pernyataan keluarga yang disaksikan oleh semua yang berada dalam pertemuan tersebut. Kedua berkas tersebut, harus ditanda tangani oleh keluarga PPKS, dimana sebagai alat bukti ke depannya jika terjadi sesuatu. 

Dokumentasi : Humas BRSLU Budhi Dharma Bekasi
Penulis          : Embriana Rossy Pratiwi, SST Calon Penyuluh Sosial Pertama







Artikel dari BRSLU Budhi Dharma Bekasi
http://budhidharma.kemsos.go.id

URL:
http://budhidharma.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=267