Profil
· Misi
· Latar Belakang
· Visi
· Struktur Organisasi
· Sumber Daya Manusia
· Sarana dan Prasarana
· Persyaratan
· Subsidi Silang
· Kedudukan Panti
· Tugas Pokok dan Fungsi
· Kebijakan dan Strategi
· Kegiatan Pelayanan
· Proses Pelayanan
· Kerjasama
· Landasan Hukum
· Persyaratan UMUM
· Sasaran Strategis
· Zona Wilayah Bebas Korupsi
Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Kirim Berita
· Kontak Kami
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links
Pencarian


Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.
Pengaduan Masyarakat
Berita: LANJUT USIA PENERIMA BANTUAN DKLU BRSLU TAHUN 2019 DI KABUPATEN SUMEDANG
Dipublikasi pada Senin, 02 Desember 2019 oleh mugie
Berita

SENYUM SUMRINGAH LANJUT USIA PENERIMA BANTUAN DKLU BRSLU TAHUN 2019 DI KABUPATEN SUMEDANG


Oleh : Niken Placidia Sandi, S.ST , Sp. P.S.M (Pekerja Sosial Pertama)


(Sumedang, 20 November 2019). Kegiatan DKLU BRSLU Budhi Dharma Tahun 2019 sudah memasuki kegiatan pendampingan tahap 2. Kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh petugas dari Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (BRSLU) Budhi Dharma Bekasi sebanyak 5 (lima) yang terdiri dari penyusun bahan pelayan kesos (Hana Paulus), 2 orang fungsional pekerja sosial pertama (Niken Placidia Sandi dan Mohammad Fahmi Iryana) dan 2 orang fungsional pekerja sosial pelaksana (Komariyah dan Siti Kholipah). Kegiatan pendampingan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 18 s.d 20 November 2019. Pihak yang didampingi antara lain adalah pengurus LKS LU Handjuang Mekar Indonesia, pendamping lapangan dan lansia penerima manfaat DKLU BRSLU Budhi Dharma Bekasi Tahun 2019. 
 

 

 

 



Hari pertama petugas dari BRSLU Budhi Dharma melakukan pendampingan kepada pengurus LKS LU Yayasan Handjuang Mekar Indonesia berkaitan dengan penyusunan laporan pertanggung jawaban pemanfaatan dana bantuan. Kegiatan berjalan dengan lancar dan hanya beberapa hal kecil yang harus diperbaiki oleh pengurus LKS LU Yayasan Handjuang Mekar Indonesia. Perbaikan laporan tidak memerlukan waktu lama dan di hari tersebut petugas BRSLU Budhi Dharma sudah bisa membawa pulang hasil perbaikan laporan. Pada hari selanjutnya petugas melakukan pendampingan kepada pendamping lapangan. Pendamping lapangan mengungkapkan kegiatan kunjungan dilakukan setiap 2 kali dalam satu bulan pada minggu ke  2 dan ke 4.  Selama kegiatan kunjungan, pendamping memberikan motivasi kepada lansia penerima bantuan. Lansia penerima bantuan  juga diajak kumpul di sekretariat Handjuang Mekar Indonesia untuk mengikuti kegiatan arisan dan senam setiap 1 (satu) bulan sekali. Setelah pendampingan kepada pendamping lapangan, di hari yang sama petugas BRSLU Budhi Dharma melakukan pendampingan ke lanjut usia penerima bantuan. Petugas mengunjungi langsung rumah para lanjut usia penerima manfaat. Petugas memeriksa kesesuaian usaha yang telah didirikan/dikembangkan lansia dengan proposal. Petugas juga memberikan motivasi kepada lanjut usia dan keluarganya untuk terus mengembangkan usahanya.
Kegiatan pendampingan berjalan lancar dan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dari LKS LU Yayasan Handjuang Mekar Indonesia serta laporan kegiatan dari pendamping lapangan sudah selesai dibuat dan bisa di bawa oleh petugas dari BRSLU Budhi Dharma Bekasi. Proposal pengajuan usaha dari lanjut usia penerima bantuan juga tidak berbeda dengan usaha yang didirkan/dikembangkan oleh lanjut usia penerima bantuan. Jenis usaha lansia penerima bantuan DKLU BRSLU Budhi Dharma adalah ternak domba, warungan, dagang surabi, dan dagang bakso. Lansia penerima bantuan sangat senang dengan adanya bantuan modal usaha dari DKLU BRSLU Budhi Dharma Tahun 2019. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Waspi : ”Ayeuna mah domba the tos janten 3, nembe kamari anakan. “emak’ meuni bungah pisan, manawi kapayunna nambihan deui janten seur dombana. Hal serupa juga diungkapkan oleh Mutiah , lansia pedagang surabi :.” Emak’ bersyukur pisan tos gaduh tungku anu enggal sareng di pasihan tempat kanggo icalan ku yayasan kusabab tempat icalan anu sateuacanna tos teu kenging icalan deui. Ayeuna mah di tempat enggal seur anu meserna oge”.  Ibu Mutiah juga menambah frekuensi waktu jualannya yang sebelumnya hanya pagi menjadi pagi dan sore hari.  Lansia penerima bantuan juga optimis terhadap usahanya dan berharap akan terus berkembang seperti yang diungkapkan Bapak Sangkul : ” Upami aya tambihan modal nya aki oge kahoyongmah meser deui domba  sareng samogga lahan didieu janten peternakan domba anu seur.”


 

 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh mugie


Berita terpopuler tentang Berita:
Reakreasi Taman Hompimpa Cikarang

Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek

Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak

Topics Terkait

BeritaLanjut UsiaUPT

"LANJUT USIA PENERIMA BANTUAN DKLU BRSLU TAHUN 2019 DI KABUPATEN SUMEDANG" | Login / Daftar | 0 komentar
Isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengirimnya.

Anda tidak dibolehkan mengirim komentar, silakan daftar di sini
 
 
Provided By Free PHPNUKEThemes | Freethemes4all.com. PHPNuke Theme Design By Ethaidesign.com