Profil
· Misi
· Latar Belakang
· Visi
· Struktur Organisasi
· Sumber Daya Manusia
· Sarana dan Prasarana
· Persyaratan
· Subsidi Silang
· Kedudukan Panti
· Tugas Pokok dan Fungsi
· Kebijakan dan Strategi
· Kegiatan Pelayanan
· Proses Pelayanan
· Kerjasama
· Landasan Hukum
· Persyaratan UMUM
· Sasaran Strategis
· Zona Wilayah Bebas Korupsi
Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Kirim Berita
· Kontak Kami
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links
Pencarian


Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.
Pengaduan Masyarakat
Profil

Proses Pelayanan




  1. Persiapan.
    Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam proses pelayanan adalah menyangkut proses dari awal sampai dengan penerimaan yaitu :
    • Sosialisasi, merupakan pengenalan program pelayanan.
      • Dilakukan oleh pegawai atau petugas ketika calon penerima manfaat dan keluarga datang ke tempat pelayanan/ petugas mendatangi calon penerima manfaat dan menjelaskan tentang pelayanan harian.
      • Dilakukan oleh pegawai melalui penyuluhan-penyuluhan dimasyarakat.
      • Penyebaran leaflet atau brosur pelayanan.
      • Penyebaran informasi melalui media baik cetak maupun elektronik.

    • Pendekatan awal (kontak), merupakan proses penjalinan hubungan antara calon penerima manfaat dan masyarakat dengan lembaga pelayanan harian.
      • Pada proses ini petugas mempertanyakan kesanggupan calon penerima manfaat.
      • Memberi dukungan bila proses pelayanan dilaksanakan.

    • Kontrak, kontrak terjadi jika seseorang bersedia menjadi penerima manfaat.
      • Calon penerima manfaat membuat permohonan untuk menjadi penerima manfaat.
      • Calon penerima manfaat memenuhi persyaratan untuk yang ditentukan dan menandatangani surat-surat yang telah disepakati.

    • Pemahaman masalah (assesment), petugas menggali masalah-masalah kebutuhan yang dialami penerima manfaat. Dilakukan oleh petugas sebelum penerima manfaat menerima pelayanan.
      • Petugas menggali harapan dan keinginan penerima manfaat berkaitan dengan pelayanan yang akan diterima nya.
      • Petugas mengidentifikasi masalah dan kebutuhan penerima manfaat.

    • Rencana penanganan masalah.
      • Petugas bersama penerima manfaat dan keluarganya menentukan alternatif yang akan dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan.

  2. Pelaksanaan Pelayanan.
    • Pelayanan yang diberikan secara umum adalah permakanan, pemeriksaan kesehatan, hiburan dan pengisian waktu luang, penyedian tempat yang sehat dan aman, pelayanan sosial, pelayanan data dan informasi, pelayanan transportasi dan pelayanan rujukan.
    • Petugas membuat jadwal pelaksanaan pelayanan.
    • Petugas mendampingi setiap pelaksanaan kegiatan.
    • Pengguna pelayanan bebas memilih kegiatan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.
    • Petugas melaksanakan penyelenggaraan pelayanan yang diikuti oleh klien sesuai dengan jadwal dan tempat yang telah ditentukan.

  3. Monitoring dan Evaluasi.
    • Pelaksanaan kegiatan dipantau dan dievaluasi oleh petugas.
    • Hal-hal yang dipantau menyangkut jenis kegiatan, kendala kegiatan, faktor yang mendukung lancarnya kegiatan dan lain-lainnya.
    • Perbaikan pelayanan dan perencanaan pelayanan di masa yang akan datang.

  4. Terminasi.
    • Hal-hal yang menyebabkan tahap dimana penerima manfaat tidak lagi menjadi pengguna pelayanan.
    • Petugas berperan dalam membantu pengambilan keputusan penghentian pelayanan.
    • Hal-hal yang menyebabkan terjadinya terminasi adalah penerima manfaat tidak mampu lagi mengikuti kegiatan-kegiatan pelayanan, penerima manfaat sakit dalam jangka waktu yang lama, permintaan penerima manfaat atau keluarga karena adanya sesuatu hal, penerima manfaat meninggal dan penerima manfaat memerlukan lembaga lain.
    • Dalam kaitannya penerima manfaat memerlukan lembaga lain, petugas memberikan rujuna pada lembaga yang dibutuhkan.
Proses Pelayanan di PSTW " Budhi Dharma " Bekasi bisa juga dilihat disini 










[ Kembali ]